Senin, 13 Juli 2020

Hari/tanggal : Senin /13 Juli 2020
Kelas            : XI IPA 5
KD               : 3.1-4.1
Materi          : HIDROKARBON

Assalamualaikum WR. WB

Selamat pagi anak-anak, semoga selalu dalam keadaan sehat wal'afiat.
Hari ini kita akan memulai pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Daring dan Luring.
untuk pertemuan pertama ini, ibu akan memberikan materi pengantar Bab 1 dengan Judul HIDROKARBON , selamat belajar dan tetap SEMANGAT.. !!!



 

BAHAN AJAR
1. Pendahuluan
Kekhasan Atom Karbon

Atom karbon terletak pada golongan IVA dengan Z = 6 dan mempunyai 4 elektron valensi. Untuk mencapai konfigurasi oktet maka atom karbon mempunyai kemampuan membentuk 4 ikatan kovalen yang relatif kuat. Atom karbon dapat membentuk ikatan antar karbon; berupa ikatan tunggal, rangkap dua atau rangkap tiga. Atom karbon mempunyai kemampuan membentuk rantai (ikatan yang panjang). Rantai karbon yang terbentuk dapat bervariasi yaitu : rantai lurus, bercabang dan melingkar (siklik).

2. Kompetensi inti
Kompetensi Inti (KI)
 KI1:   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

 KI2:   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI3:   Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4:   Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.

3. Kompetensi dasar
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD3
KD4
3.1         Menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya
4.1         Membuat model visual berbagai struktur molekul hidrokarbon yang memiliki rumus molekul yang sama.




4. INDIKATOR
 
Indikator Pencapaian Kompetensi

  • 3.1.1        Menjelaskan kekhasan atom karbon
  • 3.1.2        Menjelaskan pengertian hidrokarbon
  • 3.1.3        Menjelaskan penggolongan senyawa hidrokarbon berdasarkan struktur senyawanya ke dalam senyawa Alifatik dan siklik
  • 3.1.4        Menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon berdasarkan bentuk rantainya struktur senyawanya ke dalam Alifatik dan siklik.
  • 3.1.5        Menjelaskan jenis-jenis Hidrokarbon Alifatik
  • 3.1.6        Menuliskan penamaan senyawa Alkana
  • 3.1.7        Menuliskan penamaan senyawa Alkena
  • 3.1.8        Menuliskan penamaan senyawa Alkuna
  • 3.1.9        Menjelaskan keisomeran senyawa Alkana
  • 3.1.1     Menjelaskan hubungan antara sifat fisika dan sifat kimia dengan struktur senyawa Alkana
  • 3.1.1     Menjelaskan keisomeran senyawa Alkena
  • 3.1.1       Menyebutkan sifat fisika dan sifat kimia senyawa Alkena
  • 3.1.1     Menjelaskan keisomeran senyawa Alkuna
  • 3.1.1     Menyebutkan sifat fisika dan sifat kimia senyawa Alkuna
 
5. TUJUAN PEMBEJARAN



 
Siswa dapat menganalisis hubungan struktur(tatanama) dan sifat senyawa hidrokarbon (sifat fisika, sifat kimia, dan isomer) berdasarkan kekhasan atom karbon dan golongan senyawanya (alkana, alkena, dan alkuna) melalui diskusi untuk mengembangkan sikap aktif.




Horizontal Scroll: Siswa dapat menganalisis hubungan struktur(tatanama) dan sifat senyawa hidrokarbon (sifat fisika, sifat kimia, dan isomer) berdasarkan kekhasan atom karbon dan golongan senyawanya (alkana, alkena, dan alkuna) melalui diskusi untuk mengembangkan sikap aktif.









































Tidak ada komentar:

Posting Komentar