Hari/ Tanggal : Senin / 21 Februari 2022
Kelas : XII IPA 4, XII IPA 5, XII IPA 6
Pelajaran : Kimia
Materi : kisi-kisi LUS
KD : campuran kelas X, XI, XII
Tujuan Pembelajaran : Setelah mempelajari materi pada hari ini diharapkan siswa dapat Menganalisis kisi-kisi soal-soal LUS
Assalamualaikum , selamat pagi anak-anak yang soleh dan soleha.. Marilah kita bersyukur kepada ALLAH SWT karena masih diberikan nafas hingga saat ini, dan Jangan lupa sebelum memulai pembelajaran pada hari ini, marilah kita berdoa dan sholat dhuha terlebih dahulu. agar kita senantiasa diberikan kecerdasan dalam berfikir. Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas semua nikmat yang telah ALLAH berikan kepada kita. Di masa pandemi ini ,tetaplah menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesahatan , serta mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah. semoga pandemi ini segera bisa berakhir dan kita bisa melaksanakan pembelajaran seperti sedia kala.
langkah pembelajaran:
1. peserta didik membuka blogger guru
2. peserta didik membahas kisi-kisi yang ada di bligger
3. peserta didik berdiskusi berkaitan dengan soal-soal yang ada
4. peserta didik bertanya jika ada soal yang tidak bisa diselesaikan
Kisi-kisi soal LUS
KISI-KISI SOAL KIMIA
LATIHAN UJIAN
SEKOLAH
TAHUN PELJARAN 2021/2022
No. |
Kompetensi yang diuji |
Lingkup Materi |
Materi |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
No. Soal |
Level Kognetif |
Tingkat Kesulitan |
1 |
PesertadidikmampumemahamiMetodeilmiah,
hakikat dan peranilmukimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium
(pengenalan dan penggunaanalat-alatlaboratorium). |
Kimia Dasar |
Pengenalan ilmu kimia |
Diberikan
beberapa gejala reaksi kimia,
peserta didik dapat memasangakan Gejala yang
menunjukkan ciri suatu reaksi kimia berlangsung |
PG |
1 |
Pengetahuan – pemahaman L1/C1 |
Mudah |
2 |
Pesertadidikmampumemahami Metodeilmiah, hakikat dan peranilmukimia,
keselamatan dan keamanan di laboratorium (pengenalan dan
penggunaanalat-alatlaboratorium). |
Kimia Dasar |
Pengenalan ilmu kimia |
Diberikangambaralat
di laboratoriumpesertadidikdapatmemilihnamaalattersebut |
PG |
2 |
Pengetahuan – pemahaman L1/C1 |
Mudah |
3 |
PesertadidikmampumemahamiPengetahuanmodel
dan struktur atom (Dalton, Thompson, Bohr, dan mekanika gelombang |
Kimia Dasar |
Model atom |
Disajikangambarbeberapamodel
atom dan salah satuteori atom, Pesertadidikdimintauntukmenunjukkan model atom
yang sesuaidengan teoritersebut |
PG |
3 |
Pengetahuan – pemahaman L1/C1 |
Mudah |
4 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmodel
dan struktur atom (Dalton, Thompson, Bohr, dan mekanika gelombang |
Kimia Dasar |
Model atom |
Pesertadidikdapat menentukan Hargakeempatbilangankuantum |
PG |
4 |
Pengetahuan – pemahaman L1/C2 |
Sedang |
5 |
Peserta didik mampu memahami pengetahuan
konfigurasi elektron (Bohr dan mekanika gelombang). |
Kimia Dasar |
Konfigurasi elektron |
Diberikan gambar sistem periodik,
peserta didik menggambarkan konfigurasi
elektron atom
Bohr yang tepat |
PG |
5 |
Pengetahuan – pemahaman L1/C1 |
Mudah |
6 |
Pesertadidikmampumemahamikonfigurasielektron
(Bohr dan mekanikagelombang). |
Kimia Dasar |
Konfigurasi elektron |
Diberikangambar
system periodic unsur, pesertadidik,memilih konfigurasi electron dari salah
satuUnsur |
PG |
6 |
Pengetahuan – pemahaman L1/C1 |
Mudah |
7 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanletakunsur
(golongan dan periode) dalam SPU |
Kimia Dasar |
Sistem Periodik |
Diberikan
Diagram Orbital unsur ,
pesertadidikdapatmemperkirakan golongan dan periodeunsur tersebut |
PG |
7 |
Pengetahuan – pemahaman L1/C2 |
Sedang |
8 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanletakunsur
(golongan dan periode) dalam SPU |
Kimia Dasar |
Sistem Periodik |
Diberikan
3 notasiunsure,pesertadidikmemperkirakangolonganunsuretersebut |
PG |
8 |
Pengetahuan – pemahaman L1/C2 |
Sedang |
9 |
Peserta didik mampu memahami pengetahuan
tata nama senyawa organik dan anorganik |
Kimia Dasar |
Tata nama senyawa |
Diberikan
table dan rumusnamasenyawapesertadidik,memasangkan data yang benarantararumussenyawa dan
nama senyawa |
PG |
9 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
10 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuantata
namasenyawaorganik dan anorganik |
Kimia Dasar |
Tata nama senyawa |
Diberikan
data kation, anion dan rumusmolekul,pesertadidikmemapasangkan data yang berhubungansecaratepat |
PG |
10 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
11 |
Pesertadidikmampumemahami. persamaan dan penyetaraanreaksikimia |
Kimia Dasar |
Persamaan Reaksi |
PG |
11 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
|
12 |
Pesertadidikmampumemahami.. hukum- hukumdasarkimia (termasukhukum gas ideal
dan non ideal / RTP), |
Kimia Dasar |
Hukum Dasar Kimia |
DiberikanPersamaanreaksi
yang belumsetara,pesertadidikmenghitungperbandingan volume gas pereaksi dan hasil reaksi yang
stoikiometrissesuaihukum Gay Lussac |
PG |
12 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang
|
13 |
Pesertadidikmampumemahami..
hukum-hukumdasarkimia (termasukhukum gas ideal dan non ideal / RTP), |
Kimia Dasar |
Hukum Dasar Kimia |
Diberikan
data masa zatpesertadidikmembandingkan
massaBerdasarkan data tersebut |
PG |
13 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
14 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaikonsep
mol dan perhitungankimia. konversisatuanzat (molaritas, molalitas, fraksi
mol, % massa atau volume, bpj). |
Kimia Dasar |
Konsep Mol |
Diberikan persamaan reaksi (belum
setara), massa zat , Ar, peserta didik dapat menghitung volume gas yang
dihasilkan (STP) |
PG |
14 |
Apliasi L2/C3 |
Sukar |
15 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaikonsep
mol dan perhitungankimia. konversisatuanzat (molaritas, molalitas, fraksi
mol, % massa atau volume, bpj). |
Kimia Dasar |
Konsep Mol |
Diberikan massa zat sampel dan massa
zat yang terkandung di sampel, Peserta didik menghitung ppm zat dalam sampel |
PG |
15 |
Apliasi L2/C3 |
sukar |
16 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaikonsep
mol dan perhitungankimia. konversisatuanzat (molaritas, molalitas, fraksi
mol, % massa atau volume, bpj). |
Kimia Dasar |
Konsep Mol |
Diberikan persamaan reaksi (sudah
setara), volume gas reaktan peserta
didik dapat , menghitung jumlah partikel zat yang terbentuk |
PG |
16 |
Apliasi L2/C3 |
Sukar |
17 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaikonsep
mol dan perhitungankimia. konversisatuanzat (molaritas, molalitas, fraksi
mol, % massa atau volume, bpj). |
Kimia Dasar |
Konsep Mol |
Diberikan massa air kristal dan massa
krista,l peserta didik
menentukan rumus senyawa kristal |
PG |
17 |
Apliasi L2/C3 |
Sukar |
18 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:
pengenalanteknikpemisahanataupemurnian di laboratorium (destilasi,
kristalisasi, sublimasi, kromatografi, dekantasi, magnetisasi, dan lain-
lain). |
Kimia
Analisis |
Teknik
Pemisahan |
Diberikan
peristiwa dikehidupan sehari – hari ,peserta didik dapat memilih proses pemisahan 2 zat |
PG |
18 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
19 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenailarutan
(non)-elektrolit dan dayahantarlistrik |
Kimia
Analisis |
Elektrolit
– Non Elektrolit |
Diberikan gambar pengujian daya hantar listrik, peserta
didik dapat memilih larutan yang bersifat non
elektrolit dan elektrolit lemah |
PG |
19 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
20 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenailarutan
(non)-elektrolit dan dayahantarlistrik |
Kimia
Analisis |
Elektrolit
– Non Elektrolit |
Diberikan data percobaan sampel air,
hasil pengamatan dan derajat ionisasi ,peserta didik dapat memilih limbah yang bersifat elektrolit kuat dan non
elektrolit |
PG |
20 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
21 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaisifatlarutanasam-basa
(kuat dan lemah) meliputikonsep kesetimbanganpengionannyadalamlarutan |
Kimia
Analisis |
Asam
- Basa |
Diberikan gambar
larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat dan pernyataan terkait keduanya
peserta didik menjelasan pernyataan yang tepat mengenai kedua larutan |
PG |
21 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
22 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaisifatlarutanasam-basa
(kuat dan lemah) meliputikonsep kesetimbanganpengionannyadalamlarutan |
Kimia
Analisis |
Asam
- Basa |
Diberikan beberapa larutan dengn
konsentrasi yang sama peserta didik dapat memilih larutan yang paling kuat asam/basa |
PG |
22 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
23 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
titrasiasam-basa dan kurvatitrasinya (termasukindikator dan
perubahanwarnanya) |
Kimia
Analisis |
Titrasi
|
Diberikan gambar
grafik titrasi dan data percoban siswa pserta didik dapat menggambarkan
grafik yg dibuat oleh siswa |
PG |
23 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
24 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
titrasiasam-basa dan kurvatitrasinya (termasukindikator dan perubahanwarnanya) |
Kimia
Analisis |
Titrasi
|
Diberikan data percobaan Titrasi
peserta didik dapat menghitung konsentrasi dari
asam /basa |
PG |
24 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
25 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
pH |
Kimia
Analisis |
pH
asam -Basa |
Diberikan volume
air, massa zat peserta didik dapat menghitung pH larutan asam/basa |
PG |
25 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
26 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
pH |
Kimia
Analisis |
pH
asam -Basa |
Diberikan
molaritas dan konsentrasi asam/basa peserta didik dapat menghitung pH larutan
asam/basa |
PG |
26 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
sedang |
27 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
pH |
Kimia
Analisis |
pH
asam -Basa |
Diberikan tabel harga ka/kb peserta
didik dapat mengambil kesimpulan kekuatan asam/basa |
PG |
27 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Mudah |
28 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
komponen dan sifatlarutanpenyangga. hidrolisis garam
(pH,reaksikesetimbanganhidrolisis) |
Kimia
Analisis |
Hidrolisis |
Diberikan tabel persamaan reaksi,
perkiraan pH dan sifat garam peserta didik dapat memasangkan data garam terhidrolisis yang tepat |
PG |
28 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
29 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
komponen dan sifatlarutanpenyangga. hidrolisis garam
(pH,reaksikesetimbanganhidrolisis) |
Kimia
Analisis |
Penyangga |
Diberikan data perubahan pH beberapa
larutan, peserta didik dapat memasangkan larutan
buffer/penyangga |
PG |
29 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
30 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:
termokimia (pengertianperubahanentalpireaksi pada tekanantetap;
reaksieksotermik dan endotermik |
Kimia Fisik |
Reaksi Eksoterm/Endoterm |
Diberikan gambar
percobaan, peserta didik menunjukkan terjadinya proses eksoterm pada gambar |
PG |
30 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
31 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:
termokimia (pengertianperubahanentalpireaksi pada tekanantetap; reaksieksotermik
dan endotermik |
Kimia Fisik |
Persmaan Thermokimia |
Diberikan volume dan konsetrasi asam
dan basa , suhu dan kalor jenis, Peserta didik dapat
menyimpulkan persamaan thermokimia yang paling tepat |
PG |
31 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
32 |
Menghitung ∆H melalui: kalorimeter, tabel, hukum Hess,
data energy Ikatan rata-rata; |
Kimia Fisik |
Entalpi |
Diberikan gambar
diagram penguapan air peserta didik menentukan ∆H |
PG |
32 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
33 |
Menghitung ∆H melalui: kalorimeter, tabel, hukum Hess,
data energy Ikatan
rata-rata; |
Kimia Fisik |
Energi |
Diberikan
persamaan thermokimia, peserta didik menunjukkan pernyataan yang
tepat untuk reaksi tersebut |
PG |
33 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
34 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
lajureaksi (pengertianlajureaksi; faktor-faktor
yang mempengaruhilajureaksimenggunakanpendekatanteoritumbukkan;
kurvatingkatenergi(?H) dengan dan tanpakatalis; menentukanorde dan
persamaanhokumlajureaksimelaluipercobaan |
Kimia Fisik |
Laju reaksi |
Diberikan persamaan setara logam dan
asam serta data pengukuran gas tiap waktu, Peserta didik menentukan laju
reaksi pembentukan gas setelah beberapa detik |
PG |
34 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
35 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
lajureaksi (pengertianlajureaksi; faktor-faktor
yang mempengaruhilajureaksimenggunakanpendekatanteoritumbukkan;
kurvatingkatenergi(?H) dengan dan tanpakatalis; menentukanorde dan
persamaanhokumlajureaksimelaluipercobaan |
Kimia Fisik |
Laju Reaksi |
Diberikan gambar reaksi batuan dengan
asam dalam berbagai kondisi, Peserta
didik dapat menunjukkan laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh suhu |
PG |
35 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
36 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
kesetimbangan Kimia: pengertiankesetimbangan dan hubungankuantitatifpereaksi
dan hasilreaksi; faktor-faktor
yang mempengaruhipergeseranarahkesetimbangan (prinsip Le Chatelier) dan
penerapannyadalamindustri. |
Kimia Fisik |
Kesetimbangan kimia |
Diberikan
persamaan reaksi kesetimbangan dan pernyataan terkait reaksi diatas, peserta
didik dapat memasangkan penjelasan yang tepat mengenai reaksi diatas |
PG |
36 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
37 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
kesetimbangan Kimia: pengertiankesetimbangan dan hubungankuantitatifpereaksi
dan hasilreaksi; faktor-faktor
yang mempengaruhipergeseranarahkesetimbangan (prinsip Le Chatelier) dan
penerapannyadalamindustri.. |
Kimia Fisik |
Kesetimbangan kimia |
Diberikan data zat mula-mula,reaksi dan
tersisa serta volume sistem, peserta didik menentukan harga Kc dari data
tersebut |
PG |
37 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
38 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
pengelompokkanberbagaitipesystemkoloid, kegunaankoloidberdasarkansifat-sifatnyadalamkehidupansehari-hari.
|
Kimia Fisik |
Koloid |
Diberikan beberapa contoh penerapan sifat kolid dalam kehidupan
sehari –hari, peserta didik dapat memilihPenerapan koloid yang memanfaat kan sifat koloid
tertentu |
PG |
38 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
39 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
pengelompokkanberbagaitipesystemkoloid,
kegunaankoloidberdasarkansifat-sifatnyadalamkehidupansehari-hari. |
Kimia Fisik |
Koloid |
Diberikan data jenis koloid, fase
terdispersi dan medium pendispersi, peserta didik memasangkan pengelompokkan sistem koloid yang
tepat |
PG |
39 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
40 |
PesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaiMengidentifikasifenomenasifat Koligatiflarutandalam kehidupansehari-hari |
Kimia Fisik |
Aplikasi sifat Koligatif |
Diberikan wacana tentang fenomena
alam, peserta didik dapat memilih sifat koligatif yang terdapat dalam fenomena tersebut |
PG |
40 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
41 |
PesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaiMengidentifikasifenomenasifat Koligatiflarutandalam kehidupansehari-hari |
Kimia Fisik |
Aplikasi sifat Koligatif |
Diberikan wacana tentang fenomena
alam, peserta didik dapat memilih sifat koligatif
yang terdapat dalam fenomena tersebut |
PG |
41 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
42 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
membedakansifatkoligatiflarutanelektrolit dan non elektrolit. |
Kimia Fisik |
Sifat Koligatif |
Peserta didik mentukan tekanan
osmotik dari larutan elektrolit kuat/lemah/non elektrolit |
PG |
42 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
43 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
membedakansifatkoligatiflarutanelektrolit dan non elektrolit. |
Kimia Fisik |
Sifat Koligatif larutan |
Diberikan 5 macam larutan dengn konsentrasi yang sama, peserta
didik memilih larutan yang
memiliki titik didih terbesar |
PG |
43 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
44 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
reaksireduksi dan oksidasikehidupansehari-hariserta penyetaraannya. |
Kimia Fisik |
Reaksi Redoks |
Diberikan persamaan reaksi redoks ,
peserta didik menentukan oksiator/reduktor |
PG |
44 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
45 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
reaksireduksi dan oksidasikehidupansehari-hariserta penyetaraannya |
Kimia Fisik |
Reaksi Redoks |
Diberikan persamaan reaksi redoks,
peserta didik menentukan harga koefisien reaksi |
PG |
45 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
46 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
prinsipkerjasel volta dan kegunaannya |
Kimia Fisik |
Sel Volta |
diberikan 2 persamaan reaksi dan
harga E° Sel, Peserta diik dapat menentukan harga potensil sel |
PG |
46 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
47 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:
faktor-faktorpenyebabkorosi dan pencegahannya |
Kimia Fisik |
Sel Volta |
Diberikan gambar disgram sel volta,
peserta didik membuat diagram sel yg tepat untuk gambar tersebut |
PG |
47 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
48 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:
faktor-faktorpenyebabkorosi dan pencegahannya |
Kimia Fisik |
Korosi |
Diberikan gambar bagan percobaan ,
peserta didik menunjukkan tabung yang paling cepat mengalami proses korosi |
PG |
48 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
mudah |
49 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:
faktor-faktorpenyebabkorosi dan pencegahannya |
Kimia Fisik |
Korosi |
Diberikan beberapa cara pencegahan
korosi, peserta didik dapat memilih n cara yang paling tepat untuk melindungi suatu
peristiwa |
PG |
49 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
50 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:
prinsipkerjaSelelektrolisis dan penerapannyadalamindustri |
Kimia Fisik |
Sel elektrolisis |
Diberikan gambar sel ekektolisis,
peserta didik meramalkan reaksi yang
terjadi di katode |
PG |
50 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
51 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:
prinsipkerjaSelelektrolisis dan penerapannyadalamindustri |
Kimia Fisik |
Sel elektrolisis |
Diberikan
beberapa larutan, peserta didik dapat meramalkan pasangan reaksi di anode yang menghasilkan gas oksigen |
PG |
51 |
Apliasi L2/C3 |
Sukar |
52 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
penerapan stoikiometri reaksi redoks dan hukum Faraday dalam industri |
Kimia Fisik |
Hukum Faraday |
Diberikan kuat arus, waktu dan ar
unsur, Peserta didik dapat menentukan massa yang terentuk |
PG |
52 |
Apliasi L2/C3 |
Sukar
|
53 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
penerapan stoikiometri reaksi redoks dan hukum Faraday dalam industri |
Kimia Fisik |
Hukum Faraday |
Diberikan 2 larutan yang
dielektolisis dengan kuat arus yang sama
dan massa zat yang mengendap (
dari larutan 1), Peserta didik dapat menghitung massa zat dari larutan 2 yang
mengendap |
PG |
53 |
Apliasi L2/C3 |
Sukar
|
54 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:
sifatperiodisitas (jari-jari, energiionisasi, keelektronegatifan,
afinitaselektron, sifatasam-basa dan logam-non logam). |
Kimia An organik |
Kimia Unsur |
Diberikan 5 asam halida, peserta
didik dapat mengurutkan kekuatan asam dari tinngi ke rendah / rendah ke
tinggi |
PG |
54 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
mudah |
55 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:
sifatperiodisitas (jari-jari, energiionisasi, keelektronegatifan,
afinitaselektron, sifatasam-basa dan logam-non logam). |
Kimia An organik |
Kimia Unsur |
Diberikan gambar sistem periodik,
peserta didik dapat memilih unsur yang
memiliki jari –jari atom terbesar |
PG |
55 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
56 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:jenis-jenisikatankimiasertasifatfisika
yang menyertainya (titikleleh, titikdidih, dayahantarpadatan, lelehan dan
larutan) |
Kimia An organik |
Ikatan Kimia |
Diberikan gambar struktur lewis
peserta didik dapat menunjukkn ikatan kovalen koordinasi |
PG |
56 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
57 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:jenis-jenisikatankimiasertasifatfisika
yang menyertainya (titikleleh, titikdidih, dayahantarpadatan, lelehan dan
larutan) |
Kimia An organik |
Ikatan Kimia |
Diberikan 2 notasi unsur , peserta
didik dapat mentukan rumus kimia dan jenis ikatan pada senyawa yang terbentuk |
PG |
57 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
58 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:geometrimolekul
(melaluiteori VSEPR ataustrukturikatan Lewis, dan domain elektron) |
Kimia An organik |
Bentuk Molekul |
Diberikan 2 konfigurasi elektron,
peserta didik dapat menentukan bentuk molekul sesuai aturan oktet dan sifat
kepolarannya |
PG |
58 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang
|
59 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:hubunganinteraksiantarmolekul
(dipol, london, dan ikatan hidrogen) dengantitikdidihnya. |
Kimia An organik |
Bentuk Molekul |
Diberikan gambar ikatan senyawa ,
peserta didik dapat menunjukkan ikatan hidrogen |
PG |
59 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
60 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
teoriasam-basa (Arthenius, Bronsted- Lowry atauteoriasambasakonjugasi dan
Lewis) |
Kimia An organik |
Teori Asam Basa |
Diberikan Gambar asam – basa Lewis
dan pernyataan terkait gambar peserta didik dapat memasangkan penjelasan yang
paling tepat mengenai gambar tersebut |
PG |
60 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
61 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
teoriasam-basa (Arthenius, Bronsted- Lowry atauteoriasambasakonjugasi dan
Lewis) |
Kimia An organik |
Teori Asam Basa |
Diberikan 2 persamaan reaksi, peserta
didik dapat memasangkan pasanganasam-basa
Bronsted-Lowry |
PG |
61 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
62 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:unsur-unsurgolonganutama
(gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah), periode –3, dan
transisiperiode – 4 (sifatfisika, kimiaataureaktivitas, manfaatnya, dan
prinsippembuatannya). manfaat dan pembuatan |
Kimia An organik |
Kimia Unsur |
Diberikan data suatu unsur, peserta
didik dapat memilih unsur yang
memiliki sifat tersebut |
PG |
62 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
63 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:unsur-unsurgolonganutama
(gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah), periode –3, dan
transisiperiode – 4 (sifatfisika, kimiaataureaktivitas, manfaatnya, dan
prinsippembuatannya). manfaat dan pembuatan |
Kimia An organik |
Kimia Unsur |
Diberikan data sifat tiga buah unsur periode 3, peserta didik
dapat mengurutkan ketiga unsur berdasarkan kenaikan/penurunan nomor atom |
PG |
63 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
64 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:senyawa-senyawaanorganik pentingdalam kehidupansehari-hari
(soda api, soda kue, soda abu, asamsulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain)
dengancaralaboratoriumatauindustri. |
Kimia An organik |
Kimia Unsur |
Ddiberikan informasi tentang proses
pembuatan unsur, peserta didik dapat memilih nama proses
pembuatan unsur tersebut |
PG |
64 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
65 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:senyawa-senyawaanorganik pentingdalam kehidupansehari-hari
(soda api, soda kue, soda abu, asamsulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain)
dengancaralaboratoriumatauindustri. |
Kimia An organik |
Kimia Unsur |
Diberikan beberapa bahan kimia yang
digunakan dalam kehidupan sehari –hari, peserta didik dapat memilih pasangan bahan kimia sebagai obat –
obattan dan pengawet |
PG |
65 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
66 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:senyawa-senyawaanorganik pentingdalam kehidupansehari-hari
(soda api, soda kue, soda abu, asamsulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain)
dengancaralaboratoriumatauindustri. |
Kimia An organik |
Kimia Unsur |
Diberikan tabel Senyawa, rumus kimia
dan manfaat nya, Peserta didik dapat memilih pasangan yang tepat |
PG |
66 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
67 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:
proses pembentukan, pemisahanfraksiminyakbumi dan
dampakpembakaranhidrokarbon. |
Kimia Organik |
Minyak bumi dan dampak pembakaran |
Diberikan tabel jenis bahan bakar dan
volume CO, pserta didik dapat memilih bahan bakar yang
memiliki bilangan oktan tertinggi/terendah |
PG |
67 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
68 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
pengenalanstruktur- tata namasenyawakarbon (alkana; alkena; alkuna;
alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan
turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya. |
Kimia Organik |
Minyak bumi dan dampak pembakaran |
Diberikan struktur benzena, peserta
didik dapat memberi nama yang tepat |
PG |
68 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
69 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
pengenalanstruktur- tata namasenyawakarbon (alkana; alkena; alkuna;
alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan
turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya. |
Kimia Organik |
Tata nama senyawa karbon |
Ddiberikan data senyawa hidrokarbon,
peserta didik dapat menentukan nama senyawa tersebut |
PG |
69 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
sedang |
70 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
pengenalanstruktur- tata namasenyawakarbon (alkana; alkena; alkuna;
alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan
turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya |
Kimia Organik |
Tata nama senyawa karbon |
Diberikan gambar struktur senyawa
karbon, peserta didik dapat memberi nama isomer fungsional dari senyawa
hidrokarbon tersebut |
PG |
70 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
sedang |
71 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
pengenalanstruktur- tata namasenyawakarbon (alkana; alkena; alkuna;
alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan
turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya |
Kimia Organik |
Kimia Karbon |
Diberikan persamaan reaksi hidrokarbon, peserta didik dapat memilih gugus fungsional dari produk |
PG |
71 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
72 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
pengenalanstruktur- tata namasenyawakarbon (alkana; alkena; alkuna;
alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan
turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya |
Kimia Organik |
Kimia Karbon |
Diberikan ganbar struktur senyawa
hidrokarbon, peserta didik dapat menentukan nama senyawa tersebut menurut
IUPAC |
PG |
72 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
sedang |
73 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
isomer senyawakarbon: rantai (cabang), posisi, fungsi, geometri, dan optis
(kiral) |
Kimia Organik |
Isomer |
Diberikan gambar 2 senyawa , peserta didik dapat memilih
jenis isomer
|
PG |
73 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
74 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
isomer senyawakarbon: rantai (cabang), posisi, fungsi, geometri, dan optis
(kiral) |
Kimia Organik |
Isomer |
Diberikan tabel
nama senyawa beserta nama isomer fungsionalnya, peserta didik dapat menentukan Pasangan data yang benar |
PG |
74 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C2 |
Sedang |
75 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
sifatkhassenyawakarbon (geometri:ikatanjenuh (C sp3), ikatantakjenuh (Csp2
atausp); sifatkimia; reaksikondensasi, hidrolisis, redoks, adisi,
substitusi, eliminasi, dan reaksiidentifikasi) |
Kimia Organik |
Reaksi HIdrokarbon |
Diberikan 2
persamaan reaksi, Peserta didik dapat
memilih Jenis kedua reaksi tersebut secara berurutan |
PG |
75 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
76 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
sifatkhassenyawakarbon (geometri:ikatanjenuh (C sp3), ikatantakjenuh (Csp2
atausp); sifatkimia; reaksikondensasi, hidrolisis, redoks, adisi,
substitusi, eliminasi, dan reaksiidentifikasi) |
Kimia Organik |
Reaksi HIdrokarbon |
Diberikan wanana
proses pembuatan sabun, peserta didik dapat memilih nama prooses reaksi pada wacana
tersebut |
PG |
76 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
77 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
sifatkhassenyawakarbon (geometri:ikatanjenuh (C sp3), ikatantakjenuh (Csp2
atausp); sifatkimia; reaksikondensasi, hidrolisis, redoks, adisi,
substitusi, eliminasi, dan reaksiidentifikasi) |
Kimia Organik |
Reaksi HIdrokarbon |
Diberikan data
hasil identifikasi senyawa hidrokarbon, peserta didik memilih gugus fungsi yang terdapat dalam
senyawa tersebut |
PG |
77 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
78 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
struktur, sifat, dan kegunaanmakromolekulalami (polisakarida dan protein) dan
sintetis (produkpolimerisasiadisi dan kondensasi) |
Kimia Organik |
Makro
molekul |
Diberikan data
percobaan uji proteinpada beberapa bahan makanan, pesesrta didik dapat
menunjukkan sampel yang mengandung belerang/gugus fenil |
PG |
78 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah
|
79 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
struktur, sifat, dan kegunaanmakromolekulalami (polisakarida dan protein) dan
sintetis (produkpolimerisasiadisi dan kondensasi) |
Kimia Organik |
Makro
molekul |
Diberikan tabel
beberapa jenis polimer dan monomer pembentuknya, peserta didik memilih
polimer yang terbentuk secara kondensasi /
adisi |
PG |
79 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
80 |
Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai
struktur, sifat, dan kegunaanmakromolekulalami (polisakarida dan protein) dan
sintetis (produkpolimerisasiadisi dan kondensasi) |
Kimia Organik |
Makro
molekul |
Diberikan tabel
nama senyawa dan penggolongan Karbohidrat, peserta didik memilih
pasangan yang benar |
PG |
80 |
Pengetahuan – Pemahaman L1/C1 |
Mudah |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar