Selasa, 22 Februari 2022

Hari/ Tanggal                   : Selasa / 22 Februari 2022

Kelas                               : XII IPA 4, XII IPA 5, XII IPA 6

Pelajaran                         : Kimia

Materi                              : kisi-kisi LUS

KD :   campuran kelas X, XI, XII

Tujuan Pembelajaran    : Setelah mempelajari materi pada hari ini diharapkan siswa dapat Menganalisis kisi-kisi soal-soal LUS 

Assalamualaikum , selamat pagi anak-anak yang soleh dan soleha..  Marilah kita bersyukur kepada ALLAH  SWT karena masih diberikan nafas hingga saat ini, dan Jangan lupa sebelum memulai pembelajaran pada hari ini, marilah kita berdoa dan sholat dhuha terlebih dahulu. agar kita senantiasa diberikan kecerdasan dalam berfikir. Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas semua nikmat yang telah ALLAH berikan kepada kita.   Di masa pandemi ini ,tetaplah menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesahatan , serta mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah. semoga pandemi ini segera bisa berakhir dan kita bisa melaksanakan pembelajaran seperti sedia kala.

 

langkah pembelajaran:

1. peserta didik membuka blogger guru 

2. peserta didik membahas kisi-kisi yang ada di bligger

3. peserta didik berdiskusi berkaitan dengan soal-soal yang ada

4. peserta didik bertanya jika ada soal yang tidak bisa diselesaikan


Kisi-kisi soal LUS

KISI-KISI SOAL KIMIA

LATIHAN UJIAN SEKOLAH

 TAHUN PELJARAN  2021/2022

 

No.

Kompetensi yang diuji

Lingkup Materi

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal

Level Kognetif

Tingkat Kesulitan

1

PesertadidikmampumemahamiMetodeilmiah, hakikat dan peranilmukimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium (pengenalan dan penggunaanalat-alatlaboratorium).

Kimia Dasar

Pengenalan ilmu kimia

Diberikan beberapa gejala reaksi kimia, peserta didik dapat memasangakan  Gejala  yang  menunjukkan ciri suatu reaksi kimia berlangsung

PG

1

Pengetahuan – pemahaman

L1/C1

Mudah

2

Pesertadidikmampumemahami

Metodeilmiah, hakikat dan peranilmukimia, keselamatan dan keamanan di laboratorium (pengenalan dan penggunaanalat-alatlaboratorium).

Kimia Dasar

Pengenalan ilmu kimia

Diberikangambaralat di laboratoriumpesertadidikdapatmemilihnamaalattersebut

PG

2

Pengetahuan – pemahaman

L1/C1

Mudah

3

PesertadidikmampumemahamiPengetahuanmodel dan struktur atom (Dalton, Thompson, Bohr, dan mekanika gelombang

Kimia Dasar

Model atom

Disajikangambarbeberapamodel atom dan salah satuteori atom, Pesertadidikdimintauntukmenunjukkan model atom yang sesuaidengan teoritersebut

PG

3

Pengetahuan – pemahaman

L1/C1

Mudah

4

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmodel dan struktur atom (Dalton, Thompson, Bohr, dan mekanika gelombang

Kimia Dasar

Model atom

Pesertadidikdapat menentukan Hargakeempatbilangankuantum

PG

4

Pengetahuan – pemahaman

L1/C2

Sedang

5

Peserta didik mampu memahami pengetahuan konfigurasi elektron (Bohr dan mekanika gelombang).

Kimia Dasar

Konfigurasi elektron

Diberikan gambar sistem periodik, peserta didik menggambarkan  konfigurasi elektron atom Bohr yang tepat

PG

5

Pengetahuan – pemahaman

L1/C1

Mudah

6

Pesertadidikmampumemahamikonfigurasielektron (Bohr dan mekanikagelombang).

Kimia Dasar

Konfigurasi elektron

Diberikangambar system periodic unsur, pesertadidik,memilih konfigurasi electron dari salah satuUnsur

PG

6

Pengetahuan – pemahaman

L1/C1

Mudah

7

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanletakunsur (golongan dan periode) dalam SPU

Kimia Dasar

Sistem Periodik

Diberikan Diagram Orbital unsur ,  pesertadidikdapatmemperkirakan golongan dan periodeunsur tersebut

PG

7

Pengetahuan – pemahaman

L1/C2

Sedang

8

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanletakunsur (golongan dan periode) dalam SPU

Kimia Dasar

Sistem Periodik

Diberikan 3 notasiunsure,pesertadidikmemperkirakangolonganunsuretersebut

PG

8

Pengetahuan – pemahaman

L1/C2

Sedang

9

Peserta didik mampu memahami pengetahuan tata nama senyawa organik dan anorganik

Kimia Dasar

Tata nama senyawa

Diberikan table dan rumusnamasenyawapesertadidik,memasangkan data yang benarantararumussenyawa dan nama senyawa

PG

9

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

10

Pesertadidikmampumemahamipengetahuantata namasenyawaorganik dan anorganik

Kimia Dasar

Tata nama senyawa

Diberikan data kation, anion dan rumusmolekul,pesertadidikmemapasangkan  data yang berhubungansecaratepat

PG

10

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

11

Pesertadidikmampumemahami. persamaan

dan penyetaraanreaksikimia

Kimia Dasar

Persamaan Reaksi

Diberikanwacanakejadiandalamkehidupanseharihari,pesertadidikdapatmenuliskanpersamaanreaksikejadiantersebut

PG

11

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

12

Pesertadidikmampumemahami.. hukum-

hukumdasarkimia (termasukhukum gas ideal dan non ideal / RTP),

Kimia Dasar

Hukum Dasar Kimia

DiberikanPersamaanreaksi yang belumsetara,pesertadidikmenghitungperbandingan volume gas pereaksi dan hasil reaksi yang stoikiometrissesuaihukum Gay Lussac

PG

12

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

13

Pesertadidikmampumemahami.. hukum-hukumdasarkimia (termasukhukum gas ideal dan non ideal / RTP),

Kimia Dasar

Hukum Dasar Kimia

Diberikan data masa zatpesertadidikmembandingkan massaBerdasarkan data tersebut

PG

13

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

14

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaikonsep mol dan perhitungankimia. konversisatuanzat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj).

Kimia Dasar

Konsep Mol

Diberikan persamaan reaksi (belum setara), massa zat , Ar, peserta didik dapat menghitung volume gas yang dihasilkan (STP)

PG

14

Apliasi

L2/C3

Sukar

15

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaikonsep mol dan perhitungankimia. konversisatuanzat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj).

Kimia Dasar

Konsep Mol

Diberikan massa zat sampel dan massa zat yang terkandung di sampel, Peserta didik menghitung ppm zat dalam sampel

PG

15

Apliasi

L2/C3

sukar

16

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaikonsep mol dan perhitungankimia. konversisatuanzat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj).

Kimia Dasar

Konsep Mol

Diberikan persamaan reaksi (sudah setara), volume gas reaktan  peserta didik dapat menghitung jumlah partikel zat yang terbentuk

PG

16

Apliasi

L2/C3

Sukar

17

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaikonsep mol dan perhitungankimia. konversisatuanzat (molaritas, molalitas, fraksi mol, % massa atau volume, bpj).

Kimia Dasar

Konsep Mol

Diberikan massa air kristal dan massa krista,l peserta didik menentukan rumus senyawa kristal

PG

17

Apliasi

L2/C3

Sukar

18

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai: pengenalanteknikpemisahanataupemurnian di laboratorium (destilasi, kristalisasi, sublimasi, kromatografi, dekantasi, magnetisasi, dan lain- lain).

Kimia Analisis

 

Teknik Pemisahan

 

Diberikan peristiwa dikehidupan sehari – hari ,peserta didik dapat memilih proses pemisahan 2 zat 

 

PG

18

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

19

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenailarutan (non)-elektrolit dan dayahantarlistrik

Kimia Analisis

 

Elektrolit – Non Elektrolit

 

Diberikan gambar pengujian daya hantar listrik, peserta didik dapat memilih larutan yang bersifat  non elektrolit dan elektrolit lemah

PG

19

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

20

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenailarutan (non)-elektrolit dan dayahantarlistrik

Kimia Analisis

 

Elektrolit – Non Elektrolit

 

Diberikan data percobaan sampel air, hasil pengamatan dan derajat ionisasi ,peserta didik dapat memilih limbah yang bersifat elektrolit kuat dan non elektrolit

PG

20

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

21

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaisifatlarutanasam-basa (kuat dan lemah) meliputikonsep kesetimbanganpengionannyadalamlarutan

Kimia Analisis

 

Asam - Basa

 

Diberikan gambar larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat dan pernyataan terkait keduanya peserta didik menjelasan pernyataan yang tepat mengenai kedua larutan

 

PG

21

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

22

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaisifatlarutanasam-basa (kuat dan lemah) meliputikonsep kesetimbanganpengionannyadalamlarutan

Kimia Analisis

 

Asam - Basa

 

Diberikan beberapa larutan dengn konsentrasi yang sama peserta didik dapat memilih  larutan yang paling kuat  asam/basa

PG

22

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

23

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai titrasiasam-basa dan kurvatitrasinya (termasukindikator dan perubahanwarnanya)

Kimia Analisis

 

Titrasi

 

Diberikan gambar grafik titrasi dan data percoban siswa pserta didik dapat menggambarkan grafik yg dibuat oleh siswa

 

PG

23

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

24

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai titrasiasam-basa dan kurvatitrasinya (termasukindikator dan perubahanwarnanya)

Kimia Analisis

 

Titrasi

 

Diberikan data percobaan Titrasi peserta didik dapat menghitung  konsentrasi dari asam /basa 

PG

24

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

25

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai pH

 

Kimia Analisis

 

pH asam -Basa

 

Diberikan volume air, massa zat peserta didik dapat menghitung pH larutan asam/basa

 

PG

25

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

26

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai pH

 

Kimia Analisis

 

pH asam -Basa

 

Diberikan molaritas dan konsentrasi asam/basa peserta didik dapat menghitung pH larutan asam/basa

 

PG

26

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

sedang

27

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai pH

 

Kimia Analisis

 

pH asam -Basa

 

Diberikan tabel harga ka/kb peserta didik dapat mengambil kesimpulan kekuatan asam/basa

PG

27

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Mudah

28

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai komponen dan sifatlarutanpenyangga. hidrolisis garam (pH,reaksikesetimbanganhidrolisis)

Kimia Analisis

 

Hidrolisis

 

Diberikan tabel persamaan reaksi, perkiraan pH dan sifat garam peserta didik dapat memasangkan data garam terhidrolisis yang tepat

PG

28

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

29

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai komponen dan sifatlarutanpenyangga. hidrolisis garam (pH,reaksikesetimbanganhidrolisis)

Kimia Analisis

 

Penyangga

 

Diberikan data perubahan pH beberapa larutan, peserta didik dapat memasangkan  larutan buffer/penyangga

PG

29

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

30

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai: termokimia (pengertianperubahanentalpireaksi pada tekanantetap; reaksieksotermik dan endotermik

 

Kimia Fisik

Reaksi Eksoterm/Endoterm

Diberikan gambar percobaan, peserta didik menunjukkan terjadinya proses eksoterm pada gambar

 

PG

30

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

31

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai: termokimia (pengertianperubahanentalpireaksi pada tekanantetap; reaksieksotermik dan endotermik

 

Kimia Fisik

Persmaan Thermokimia

Diberikan volume dan konsetrasi asam dan basa , suhu dan kalor jenis, Peserta didik dapat menyimpulkan  persamaan thermokimia yang paling tepat

PG

31

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

32

Menghitung ∆H melalui: kalorimeter, tabel, hukum Hess, data energy Ikatan rata-rata;

Kimia Fisik

Entalpi

Diberikan gambar diagram penguapan air peserta didik menentukan  ∆H

 

PG

32

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

33

 Menghitung ∆H melalui: kalorimeter, tabel, hukum Hess, data energy Ikatan rata-rata;

Kimia Fisik

Energi

Diberikan persamaan thermokimia, peserta didik menunjukkan  pernyataan yang tepat untuk reaksi tersebut

 

PG

33

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

34

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai lajureaksi (pengertianlajureaksi; faktor-faktor yang mempengaruhilajureaksimenggunakanpendekatanteoritumbukkan; kurvatingkatenergi(?H) dengan dan tanpakatalis; menentukanorde dan persamaanhokumlajureaksimelaluipercobaan

Kimia Fisik

Laju reaksi

Diberikan persamaan setara logam dan asam serta data pengukuran gas tiap waktu, Peserta didik menentukan laju reaksi pembentukan gas setelah beberapa detik

PG

34

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

35

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai lajureaksi (pengertianlajureaksi; faktor-faktor yang mempengaruhilajureaksimenggunakanpendekatanteoritumbukkan; kurvatingkatenergi(?H) dengan dan tanpakatalis; menentukanorde dan persamaanhokumlajureaksimelaluipercobaan

Kimia Fisik

Laju Reaksi

Diberikan gambar reaksi batuan dengan asam  dalam berbagai kondisi, Peserta didik dapat menunjukkan laju reaksi yang hanya dipengaruhi oleh suhu

PG

35

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

36

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai kesetimbangan Kimia: pengertiankesetimbangan dan hubungankuantitatifpereaksi dan hasilreaksi; faktor-faktor yang mempengaruhipergeseranarahkesetimbangan (prinsip Le Chatelier) dan penerapannyadalamindustri.

Kimia Fisik

Kesetimbangan kimia

Diberikan persamaan reaksi kesetimbangan dan pernyataan terkait reaksi diatas, peserta didik dapat memasangkan penjelasan yang tepat mengenai reaksi diatas

 

PG

36

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

37

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai kesetimbangan Kimia: pengertiankesetimbangan dan hubungankuantitatifpereaksi dan hasilreaksi; faktor-faktor yang mempengaruhipergeseranarahkesetimbangan (prinsip Le Chatelier) dan penerapannyadalamindustri..

Kimia Fisik

Kesetimbangan kimia

Diberikan data zat mula-mula,reaksi dan tersisa serta volume sistem, peserta didik menentukan harga Kc dari data tersebut

PG

37

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

38

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai pengelompokkanberbagaitipesystemkoloid, kegunaankoloidberdasarkansifat-sifatnyadalamkehidupansehari-hari.

Kimia Fisik

Koloid

Diberikan beberapa contoh penerapan sifat kolid dalam kehidupan sehari –hari, peserta didik dapat memilihPenerapan koloid yang memanfaat kan sifat koloid tertentu  

PG

38

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

39

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai pengelompokkanberbagaitipesystemkoloid, kegunaankoloidberdasarkansifat-sifatnyadalamkehidupansehari-hari.

Kimia Fisik

Koloid

Diberikan data jenis koloid, fase terdispersi dan medium pendispersi, peserta didik memasangkan pengelompokkan sistem koloid yang tepat

PG

39

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

40

PesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaiMengidentifikasifenomenasifat

Koligatiflarutandalam kehidupansehari-hari

 

Kimia Fisik

Aplikasi sifat Koligatif

Diberikan wacana tentang fenomena alam, peserta didik dapat memilih sifat koligatif yang terdapat dalam fenomena tersebut

PG

40

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

41

PesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenaiMengidentifikasifenomenasifat

Koligatiflarutandalam kehidupansehari-hari

 

Kimia Fisik

Aplikasi sifat Koligatif

Diberikan wacana tentang fenomena alam, peserta didik dapat memilih  sifat koligatif yang terdapat dalam fenomena tersebut

PG

41

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

42

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai membedakansifatkoligatiflarutanelektrolit dan non elektrolit.

Kimia Fisik

Sifat Koligatif

Peserta didik mentukan tekanan osmotik dari larutan elektrolit kuat/lemah/non elektrolit

PG

42

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

43

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai membedakansifatkoligatiflarutanelektrolit dan non elektrolit.

Kimia Fisik

Sifat Koligatif larutan

Diberikan 5 macam larutan dengn konsentrasi yang sama, peserta didik memilih  larutan yang memiliki titik didih terbesar

PG

43

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

44

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai reaksireduksi dan oksidasikehidupansehari-hariserta penyetaraannya.

Kimia Fisik

Reaksi Redoks

 

Diberikan persamaan reaksi redoks , peserta didik menentukan oksiator/reduktor

PG

44

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

45

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai reaksireduksi dan oksidasikehidupansehari-hariserta penyetaraannya

Kimia Fisik

Reaksi Redoks

Diberikan persamaan reaksi redoks, peserta didik menentukan harga koefisien reaksi

PG

45

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

46

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai prinsipkerjasel volta dan kegunaannya

Kimia Fisik

Sel Volta

diberikan 2 persamaan reaksi dan harga E° Sel, Peserta diik dapat menentukan harga potensil sel

PG

46

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

47

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai: faktor-faktorpenyebabkorosi dan pencegahannya

Kimia Fisik

Sel Volta

Diberikan gambar disgram sel volta, peserta didik membuat diagram sel yg tepat untuk gambar tersebut

PG

47

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

48

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai: faktor-faktorpenyebabkorosi dan pencegahannya

Kimia Fisik

Korosi

Diberikan gambar bagan percobaan , peserta didik menunjukkan tabung yang paling cepat mengalami proses korosi

PG

48

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

mudah

49

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai: faktor-faktorpenyebabkorosi dan pencegahannya

Kimia Fisik

Korosi

Diberikan beberapa cara pencegahan korosi, peserta didik dapat memilih n cara yang paling tepat untuk melindungi suatu peristiwa

PG

49

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

50

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai: prinsipkerjaSelelektrolisis dan penerapannyadalamindustri

Kimia Fisik

Sel elektrolisis

Diberikan gambar sel ekektolisis, peserta didik meramalkan  reaksi yang terjadi di katode

PG

50

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

51

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai: prinsipkerjaSelelektrolisis dan penerapannyadalamindustri

Kimia Fisik

Sel elektrolisis

Diberikan beberapa larutan, peserta didik dapat meramalkan pasangan reaksi di anode yang menghasilkan gas oksigen

 

PG

51

Apliasi

L2/C3

Sukar

52

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai penerapan stoikiometri reaksi redoks

dan hukum Faraday dalam industri

Kimia Fisik

Hukum Faraday

Diberikan kuat arus, waktu dan ar unsur, Peserta didik dapat menentukan massa yang terentuk

PG

52

Apliasi

L2/C3

Sukar

53

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai penerapan stoikiometri reaksi redoks

dan hukum Faraday dalam industri

Kimia Fisik

Hukum Faraday

Diberikan 2 larutan yang dielektolisis dengan kuat arus yang sama  dan  massa zat yang mengendap ( dari larutan 1), Peserta didik dapat menghitung massa zat dari larutan 2 yang mengendap 

PG

53

Apliasi

L2/C3

Sukar

54

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai: sifatperiodisitas (jari-jari, energiionisasi, keelektronegatifan, afinitaselektron, sifatasam-basa dan logam-non logam).

Kimia An organik

Kimia Unsur

Diberikan 5 asam halida, peserta didik dapat mengurutkan kekuatan asam dari tinngi ke rendah / rendah ke tinggi

PG

54

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

mudah

55

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai: sifatperiodisitas (jari-jari, energiionisasi, keelektronegatifan, afinitaselektron, sifatasam-basa dan logam-non logam).

Kimia An organik

Kimia Unsur

Diberikan gambar sistem periodik, peserta didik dapat memilih  unsur yang memiliki jari –jari atom terbesar

PG

55

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

56

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:jenis-jenisikatankimiasertasifatfisika yang menyertainya (titikleleh, titikdidih, dayahantarpadatan, lelehan dan larutan)

Kimia An organik

Ikatan Kimia

Diberikan gambar struktur lewis peserta didik dapat menunjukkn ikatan kovalen koordinasi

PG

56

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

57

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:jenis-jenisikatankimiasertasifatfisika yang menyertainya (titikleleh, titikdidih, dayahantarpadatan, lelehan dan larutan)

Kimia An organik

Ikatan Kimia

Diberikan 2 notasi unsur , peserta didik dapat mentukan rumus kimia dan jenis ikatan pada senyawa yang terbentuk

PG

57

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

58

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:geometrimolekul (melaluiteori VSEPR ataustrukturikatan Lewis, dan domain elektron)

Kimia An organik

Bentuk Molekul

Diberikan 2 konfigurasi elektron, peserta didik dapat menentukan bentuk molekul sesuai aturan oktet dan sifat kepolarannya

PG

58

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

59

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:hubunganinteraksiantarmolekul (dipol, london, dan ikatan hidrogen) dengantitikdidihnya.

Kimia An organik

Bentuk Molekul

Diberikan gambar ikatan senyawa , peserta didik dapat menunjukkan ikatan hidrogen

PG

59

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

60

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai teoriasam-basa (Arthenius, Bronsted- Lowry atauteoriasambasakonjugasi dan Lewis)

Kimia An organik

Teori Asam Basa

Diberikan Gambar asam – basa Lewis dan pernyataan terkait gambar peserta didik dapat memasangkan penjelasan yang paling tepat mengenai gambar tersebut

PG

60

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

61

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai teoriasam-basa (Arthenius, Bronsted- Lowry atauteoriasambasakonjugasi dan Lewis)

Kimia An organik

Teori Asam Basa

Diberikan 2 persamaan reaksi, peserta didik dapat memasangkan pasanganasam-basa Bronsted-Lowry

PG

61

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

62

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:unsur-unsurgolonganutama (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah), periode –3, dan transisiperiode – 4 (sifatfisika, kimiaataureaktivitas, manfaatnya, dan prinsippembuatannya). manfaat dan pembuatan

Kimia An organik

Kimia Unsur

Diberikan data suatu unsur, peserta didik dapat memilih  unsur yang memiliki sifat tersebut 

PG

62

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

63

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:unsur-unsurgolonganutama (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah), periode –3, dan transisiperiode – 4 (sifatfisika, kimiaataureaktivitas, manfaatnya, dan prinsippembuatannya). manfaat dan pembuatan

Kimia An organik

Kimia Unsur

Diberikan data sifat  tiga buah unsur periode 3, peserta didik dapat mengurutkan ketiga unsur berdasarkan kenaikan/penurunan nomor atom

PG

63

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

64

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:senyawa-senyawaanorganipentingdalam kehidupansehari-hari (soda api, soda kue, soda abu, asamsulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain) dengancaralaboratoriumatauindustri.

Kimia An organik

Kimia Unsur

Ddiberikan informasi tentang proses pembuatan unsur, peserta didik dapat memilih  nama proses pembuatan unsur tersebut

PG

64

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

65

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:senyawa-senyawaanorganipentingdalam kehidupansehari-hari (soda api, soda kue, soda abu, asamsulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain) dengancaralaboratoriumatauindustri.

Kimia An organik

Kimia Unsur

Diberikan beberapa bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari –hari, peserta didik dapat memilih pasangan bahan kimia sebagai obat – obattan dan pengawet

PG

65

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

66

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai:senyawa-senyawaanorganipentingdalam kehidupansehari-hari (soda api, soda kue, soda abu, asamsulfat, amonia, NaClO, dan lain-lain) dengancaralaboratoriumatauindustri.

Kimia An organik

Kimia Unsur

Diberikan tabel Senyawa, rumus kimia dan manfaat nya, Peserta didik dapat memilih pasangan yang tepat

PG

66

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

67

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai: proses pembentukan, pemisahanfraksiminyakbumi dan dampakpembakaranhidrokarbon.

Kimia  Organik

Minyak bumi dan dampak pembakaran

Diberikan tabel jenis bahan bakar dan volume CO, pserta didik dapat memilih  bahan bakar yang memiliki bilangan oktan tertinggi/terendah

PG

67

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

68

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai pengenalanstruktur- tata namasenyawakarbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya.

Kimia  Organik

Minyak bumi dan dampak pembakaran

Diberikan struktur benzena, peserta didik dapat memberi nama yang tepat

PG

68

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

69

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai pengenalanstruktur- tata namasenyawakarbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya.

Kimia  Organik

Tata nama senyawa karbon

Ddiberikan data senyawa hidrokarbon, peserta didik dapat menentukan nama senyawa tersebut

PG

69

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

sedang

70

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai pengenalanstruktur- tata namasenyawakarbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya

Kimia  Organik

Tata nama senyawa karbon

Diberikan gambar struktur senyawa karbon, peserta didik dapat memberi nama isomer fungsional dari senyawa hidrokarbon tersebut

PG

70

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

sedang

71

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai pengenalanstruktur- tata namasenyawakarbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya

Kimia  Organik

Kimia Karbon

Diberikan persamaan reaksi  hidrokarbon, peserta didik dapat memilih gugus fungsional dari produk

PG

71

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

72

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai pengenalanstruktur- tata namasenyawakarbon (alkana; alkena; alkuna; alkilhalida; alkohol; eter; aldehid; keton; asam karboksilat dan turunannya; amina; benzena dan turunannya) dan kegunaannya

Kimia  Organik

Kimia Karbon

Diberikan ganbar struktur senyawa hidrokarbon, peserta didik dapat menentukan nama senyawa tersebut menurut IUPAC

PG

72

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

sedang

73

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai isomer senyawakarbon: rantai (cabang), posisi, fungsi, geometri, dan optis (kiral)

Kimia  Organik

Isomer

Diberikan gambar  2 senyawa , peserta didik dapat memilih  jenis isomer 

PG

73

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

74

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai isomer senyawakarbon: rantai (cabang), posisi, fungsi, geometri, dan optis (kiral)

Kimia  Organik

Isomer

Diberikan tabel nama senyawa beserta nama isomer fungsionalnya, peserta didik dapat menentukan Pasangan data yang benar

 

PG

74

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C2

Sedang

75

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai sifatkhassenyawakarbon (geometri:ikatanjenuh (C sp3), ikatantakjenuh (Csp2 atausp); sifatkimia; reaksikondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, eliminasi, dan reaksiidentifikasi)

Kimia  Organik

Reaksi HIdrokarbon

Diberikan 2 persamaan reaksi, Peserta didik dapat  memilih Jenis kedua reaksi tersebut secara berurutan

PG

75

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

76

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai sifatkhassenyawakarbon (geometri:ikatanjenuh (C sp3), ikatantakjenuh (Csp2 atausp); sifatkimia; reaksikondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, eliminasi, dan reaksiidentifikasi)

Kimia  Organik

Reaksi HIdrokarbon

Diberikan wanana proses pembuatan sabun, peserta didik dapat memilih  nama prooses reaksi pada wacana tersebut 

PG

76

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

77

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai sifatkhassenyawakarbon (geometri:ikatanjenuh (C sp3), ikatantakjenuh (Csp2 atausp); sifatkimia; reaksikondensasi, hidrolisis, redoks, adisi, substitusi, eliminasi, dan reaksiidentifikasi)

Kimia  Organik

Reaksi HIdrokarbon

Diberikan data hasil identifikasi senyawa hidrokarbon, peserta didik memilih gugus fungsi yang terdapat dalam senyawa tersebut

PG

77

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

78

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai struktur, sifat, dan kegunaanmakromolekulalami (polisakarida dan protein) dan sintetis (produkpolimerisasiadisi dan kondensasi)

Kimia  Organik

Makro molekul

 

Diberikan data percobaan uji proteinpada beberapa bahan makanan, pesesrta didik dapat menunjukkan sampel yang mengandung belerang/gugus fenil

PG

78

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

79

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai struktur, sifat, dan kegunaanmakromolekulalami (polisakarida dan protein) dan sintetis (produkpolimerisasiadisi dan kondensasi)

Kimia  Organik

Makro molekul

 

Diberikan tabel beberapa jenis polimer dan monomer pembentuknya, peserta didik memilih  polimer yang terbentuk secara kondensasi / adisi

PG

79

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

80

Pesertadidikmampumemahamipengetahuanmengenai struktur, sifat, dan kegunaanmakromolekulalami (polisakarida dan protein) dan sintetis (produkpolimerisasiadisi dan kondensasi)

Kimia  Organik

Makro molekul

 

Diberikan tabel nama senyawa dan penggolongan Karbohidrat, peserta didik memilih  pasangan yang benar

PG

80

Pengetahuan – Pemahaman

L1/C1

Mudah

                               

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar